Debat Bahasa Inggris, NUDC (National University Debating Championship)

Lomba debat antarperguruan tinggi menjadi bagian penting dari kompetisi di era global. Lomba debat ini menuntut wawasan yang luas, kemampuan berbahasa Inggris yang baik dan kemampuan berargumentasi. Kemampuan bahasa Inggris yang baik akan meningkatkan kemampuan komunikasi mahasiswa dalam berinteraksi dengan masyarakat internasional. Sedangkan kemahiran dalam berargumentasi akan meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk membuat keputusan berdasarkan analisis yang logis dan faktual.

Menyadari pentingnya lomba debat bagi peningkatan kualitas lulusan dan pendidikan tinggi, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi mengembangkan kegiatan ini melalui kegiatan National University Debating Championship (NUDC) sejak tahun 2008. Kegiatan tahunan ini telah menjadi ajang positif bagi mahasiswa se-Indonesia untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya dalam berpikir kritis dan berkomunikasi dalam Bahasa Inggris, meningkatkan kepercayaan diri, mengembangkan jejaring antar perguruan tinggi, dan memupuk rasa kesatuan dan kebanggaan terhadap kebhinekaan bangsa dan budaya.

Sasaran NUDC adalah semua mahasiswa aktif Program Sarjana atau Diploma di Perguruan Tinggi di lingkungan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi yang terdaftar di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD-Dikti).

Tahun ini, STIA “AAN” Yogyakarta diberikan kesempatan mengirimkan mahasiswanya untuk menjadi peserta lomba debat tersebut. Untuk itu, serangkaian persiapan telah dilakukan, mulai dari seleksi mahasiswa aktif di Semester II hingga persiapan materi-materi yang diberikan oleh dosen pengampu mata kuliah Bahasa Inggris. Dengan demikian, didampingi oleh Daris Yulianto, S.IP., MPA., Selaku Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan STIA, STIA mengirimkan tiga mahasiswa aktif yakni Arief Hidayat, Selvi Sri Wulan, serta Aziza Rahmah Savitri. Kegiatan tersebut berlangsung selama tiga hari berturut-turut, dimulai pada hari ini, Senin, 07 Mei 2018 sampai dengan Rabu, 09 Mei 2018 mendatang  bertempat di Griya Persada Kaliurang. Harapannya, semoga dapat membawa kabar baik untuk kampus tercinta. Selamat dan sukses!

 

Leave a Reply