Kunjungan Mahasiswa Semester V Mata Kuliah Pengembangan Organisasi dan Birokrasi ke Tribun Jogja

Sebanyak 35 mahasiswa Semester V Program Studi Sarjana Ilmu Administrasi Negara dan Diploma III Administrasi Negara didampingi dengan 2 dosen, Drs. Tjihno Windryanto, M.Si., selaku dosen pengampu mata kuliah Pengembangan Organisasi dan Birokrasi dan RR. E. Anggraeni E.W., S.IP., MPA., selaku Ka.Prodi Diploma III melakukan kunjungan ke Tribun Jogja pada hari Rabu, 14 November 2018 dan diterima langsung oleh Pimpinan Redaksi Tribun Jogja, Ribut Raharjo dan Koordinator Liputan Tribun Jogja, Sigit Widya.

Kunjungan kali ini merupakan agenda bagi mahasiswa yang sedang menempuh mata kuliah Pengembangan Organisasi dan Birokrasi.

Dalam kunjungan ini, Pimpinan Redaksi Tribun Jogja menyampaikan paparan seputar Dunia Jurnalistik dan Berita Hoaks yang kemudian diakhiri dengan diskusi dan tanya jawab.

Cipta Wahyu Fitianto, mahasiswa pada Prodi S1 Ilmu Administrasi Negara menanyakan bagaimana pembagian tugas dalam mengabarkan berita. Kemudian, disusul Yudhi Dwicahyo Utomo yang juga merupakan mahasiswa prodi S1 Ilmu Administrasi Negara menanyakan tentang bagaimana Tribun Jogja mengatasi tentang maraknya berita hoaks.

“Kami melakukan tugas-tugas sesuai etika jurnalistik dan panduan perusahaan. Berita yang dibuat harus berimbang dan terkonfirmasi,” jawab Sigit.

Di akhir sesi kunjungan, dosen menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan dari Pimpinan Redaksi dan Koordinator Liputan Tribun Jogja. Mahasiswa pun amat sangat berkesan pada kesempatan kali ini. Selain sebagai “Refressing” pun sebagai tambahan ilmu baru seputar Jurnalistik tersebut.

“Desain Tribun menarik dan beda dari yang lain. Kami tertarik melihat strategi pengembangannya. Ini sangat menarik untuk mahasiswa kami,” tambah Drs. Tjihno Windryanto, M.Si. pada akhir sesi kunjungan.

Diharapkan dari hasil kunjungan ini, para mahasiswa dapat lebih mengetahui dan mempelajari terkait Perkembangan Digital hingga Berita Hoaks, utamanya agar ketika mereka mendapat berita tidak asal disebarkan, tetapi dipilah terlebih dahulu.

Leave a Reply