stia aan yogyakarta

Simak Keseruan Pengabdian Kepada Masyarakat BEM STIA “AAN” di Dusun Kalibiru, Hargowilis, Kokap, Kulon Progo

BEM STIA “AAN” memiliki program kerja di setiap periodenya. Salah satu program kerja besar yang dimiliki oleh BEM STIA “AAN” adalah Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Proker tersebut dilaksanakan oleh Kementerian Sosial BEM STIA “AAN”.

Dalam periode 2023, BEM STIA “AAN” kembali mengadakan proker PKM di daerah Kulon Progo. Periode sebelumnya, mereka mengadakan proker PKM di Dusun Ngesong, Giripurwo, Girimulyo, Kulon Progo. Pada periode kali ini, mereka mengadakan proker PKM di Dusun Kalibiru, Hargowilis, Kokap, Kulon Progo.

Proker PKM periode kali ini diusung dengan tema “Pemberdayaan Masyarakat Dalam Rangka Pengembangan Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif Di Kalurahan Hargowilis”.

Proker ini dilaksanakan pada Sabtu, 29 Juli 2023 hingga Minggu, 30 Juli 2023. Pelaksanaan proker tersebut tentu saja diikuti oleh seluruh anggota Kementerian Sosial BEM STIA “AAN”, Penanggung Jawab Panitia PKM, Dewan Penasehat BEM STIA “AAN”, dan beberapa dosen STIA “AAN”.

Mereka mempersiapkan proker PKM ini kurang lebih selama 2 bulan. Mulai dari mempersiapkan susunan acara dengan rapat setiap minggu, melakukan dana usaha, dan open donasi terhadap semua kalangan, baik itu dari KM-STIA “AAN” maupun luar lingkup KM-STIA “AAN”.

Acara PKM berlangsung dari hari Sabtu sampai hari Minggu, dimulai dari Sabtu pagi dengan pembukaan, lalu acara pemberdayaan kopi dan kerajinan, kemudian acara karang taruna yang di isi oleh dosen-dosen dari STIA “AAN”, disambung pada malam hari yaitu acara makrab. Untuk hari Minggu diawali dengan senam, lalu ada lomba-lomba anak anak dan bazar murah yang barang-barangnya diperoleh dari donasi, setelah itu penutupan di hari Minggu siang. Alhamdulilah semua acara terlaksana dengan baik dan lancar.” Ujar Imelda selaku Ketua Panitia PKM.

Menurutnya, acara PKM terdapat beberapa kendala yaitu beberapa acara yang bertabrakan dengan jadwal acara yang sudah di susun oleh panitia yang menyebabkan masyarakat tidak memenuhi kuota yang disediakan.

Pendapat saya terkait acara PKM yaitu acara berjalan dengan lancar, acara ini juga mendapat antusias dari warga dan panitia bekerja dengan baik untuk menyukseskan acara tersebut.” Ujar Ika Nur salah satu Panitia PKM.

“Kesan pesan saya sebagai panitia PKM yaitu sangat berkesan karena mendapat feedback yang baik dari warga Kalibiru, warga sangat ramah dalam menerima kami panitia. Pesannya mungkin untuk panitia kedepannya dapat meningkatkan komunikasi lagi antar panitia agar tidak terjadi misskomunikasi”. Lanjutnya.

Dia berharap bahwa PKM pada periode selanjutnya dapat lebih baik lagi daripada periode kali ini dan dapat ditingkatkan lagi dari kinerja panitia dan mempersiapkan acara tersebut dengan lebih matang.

“Menurut saya pada acara pengabdian kepada masyarakat yang telah dilakukan di Kulon Progo kemarin adalah adanya partisipasi dari masyarakat selama acara berlangsung yaitu mereka sangat memeriahkan acara tersebut. Mulai dari kegiatan pelatihan, senam, bazar dan juga lomba anak-anak.” Ujar Anis salah satu Panitia PKM.

“Kesan selama acara pengabdian kepada masyarakat berlangsung yaitu semoga acara ini dapat membantu meningkatkan partisipasi masyarakat dengan melakukan pelatihan yang telah dilakukan. Pelatihan tersebut berupa cara pengolahan kopi menjadi minuman dan juga pelatihan pembuatan kerajinan dari batok kelapa. Pesan saya semoga kolaborasi antara kampus dan masyarakat tersebut dapat memberikan manfaat kepada masyarakat dengan terlaksanya kegiatan PKM.” Tuturnya.

“Semoga dengan adanya acara PKM di daerah tersebut bisa menjadi kerja sama dengan pihak kampus untuk pengembangan SDM maupun sektor wisata.” Lanjutnya.

Reporter:

Ferdian Angga Rachmadhani

Novariskha Putri Aurelya

Nevilla Aulia Nashrillah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.