stia aan yogyakarta

Pentingnya Pendidikan Karakter

Bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar. Sudah seyogyanya setiap warga negara memiliki karakter yang kuat dengan dukungan kompetensi yang tinggi dan berkembang dari pendidikan yang menerapkan nilai-nilai karakter yang sesuai dengan norma, nilai Pancasila dan nilai agama. Realita permasalahan di masyarakat membuat miris setiap orang yang memperhatikan. Permasalahan kemerosotan moral dan etika dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, ketidakpedulian terhadap nilai-nilai budaya, melemahnya nilai kemandirian, dan disintegrasi bangsa melarbelakangi pentingnya pembangunan karakter. Pemerintah menjadikan pembangunan karakter sebagai salah satu program prioritas pembangunan nasional. Semangat itu secara implisit ditegaskan dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) tahun 2005-2025, di mana pendidikan karakter ditempatkan sebagai landasan untuk mewujudkan visi pembangunan nasional, yaitu “mewujudkan masyarakat berakhlak mulia, bermoral, beretika, berbudaya, dan beradab berdasarkan falsafah Pancasila”. Tujuan Pendidikan Nasional pada pasal 3 UU no. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (UUSPN), mengamanatkan bahwa  berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Dosen STIA “AAN” kembali mempersembahkan sebuah buku yang kali ini bertema Pendidikan Karakter. Buku ini ditulis oleh Daris Yulianto, SIP. MPA., sebagai pemerhati pendidikan di Indonesia. Buku ini berjudul “Penguatan Pendidikan Karakter, Kajian Kebijakan PPK Pendidikan Karakter Kulon Progo (PendekarKU)”. Buku ini merupakan kelanjutan dari hasil penelitian yang dilakukan dalam mengevaluasi pelaksanaan Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di Kabupaten Kulon Progo. PendekarKU merupakan inovasi pelayanan publik dari Dikpora Kabupaten Kulon Progo.  Ada 20 nilai karakter yang terkristalisasi menjadi lima nilai dilaksanakan, yaitu : religius; nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas. Dengan prioritas program religius dan semangat kebangsaan. Buku ini diharapkan memberikan gambaran tentang pelaksanaan program PPK PendekarKU dan pentingnya pendidikan karakter sebagai contoh best practice program yang sudah dijalankan. Buku ini sekarang sudah dapat diperoleh di Gramedia melalui link https://ebooks.gramedia.com/id/buku/penguatan-pendidikan-karakter-kajian-kebijakan-ppk-pendidikan-karakter-kulon-progo-pendekarku

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.